Kamis, 24 November 2011

Tawakal


TAWAKAL

            Tawakal adalah berserah diri kepada Allah swt., artinya setelah sabar dalam menghadapi tantangan dan rintangan, kita harus tetap berikhtiar atau berusaha dan berdoa. Berhasil tidaknya usaha itu, kita serahkan kepada Allah swt. Karena hanya dia yang menentukan. Di dalam Al-Quran, perintah tawakal sebelumnya selalu didahului keharusan untuk berusaha.
            Dengan ikhtiar, berdoa, dan berusaha, setiap muslim senantiasa akan bersyukur kepada Allah swt. Apabila berhasil apa yang diusahakannya. Sebaliknya, apabila belum berhasil, dia akan tabah dan bersabar serta tidak putus asa.
            Sebagai orang Islam, kita hendaknya menerima takdir dengan penuh kerelaan karena hanya Allah swt. yang menentukan segala sesuatu. Sebagaimana firman Allah swt. berikut ini:
Berkatalah dua orang diantara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah telah memberi nikmat atas keduanya: "Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman." (Q.S. Al-Maidah/5: 23)
            Banyak orang yang mengalami kegagalan dan kekecewaan akan merasa berkecil hati, murung, pesimis, stres, dan juga tidak percaya pada diri sendiri. Akhirnya mereka putus asa dan bahkan ada yang berbuat nekad hingga bunuh diri. Akan tetapi bagi orang-orang yang beriman kepada takdir Allah swt., semuanya itu merupakan cobaan yang dimana dibalik cobaan tersebut terdapat hikmah yang bisa kita petik.
            Sikap tawakal kepada Allah swt. akan mempunyai dampak positif dalam kehidupan. Adapun dampak positif tersebut antara lain:
1.      Berikhtiar merupakan kewajiban bagi setiap orang
2.      Selalu berserah diri kepada Allah swt. dalam segala urusannya
3.      Selalu bersyukur kepada Allah swt. dalam segala usaha yang berhasil
4.      Selalu bersabar, tabah, rela, dan tidak pernah putus asa apabila usaha yang dilakukannya belum berhasil

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons