Senin, 10 Oktober 2011

Akhlak Tercela 1


PERILAKU HASAD
1. Pengertian Hasad
Hasud dalam bahasa arab berarti dengki, sedang menurut istilah hasad adalah perasaan tidak senang terhadap nikmat yag di terima seseorang, dan berusaha agar nikmat tersebut hilang dari orang tersebut serta pindah kepadanya. Sikap dengki merugikan diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari karena merupakan sikap yang merugikan diri sendiri dan orang lain.
Firman Allah Swt. Yang artinya:
“Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) karena karunia yang telah di berikan Allah kepadanya”.(Q.S. An-Nisa,:54)
2. Contoh Perilaku Hasad
Orang-orang yang  memiliki sifat hasad akan tampak dari sifat perilakunya dalam kehidupan sehari-hari , karena sifat itu akan melahirkan sifat perilaku buruk lainnya. Contoh sikap perilaku iri dan dengki: Suka mencari-cari kesalahan orang lain, suka melempar kesalahan kepada orang lain(berburuk sangka), tidak mau introspeksi diri, dan merasa senang jika melihat orang lain menderita.
a.      Perilaku iri dan dengki
      Bila seseorang terhinggapi sifat hasad, niscaya ia selalu merasa iri dan dengki terhadap kenikmatan yang di terima orang lain. Dalam hatinya, bergemuruh  berharap kenikmatan tersebut beralih kepadanya, paling tidak hilang dari si penerima. Sungguh keji dan menjijikan perilaku orang yang hasad, sehingga Allah mengibaratkan dengan orang yang memakan daging saudaranya sendiri.
Dalam hadits Rasulullah saw. Berasabda yang artinya:
“Jauhilah dirimu dari sifat dengki karena sesunguhnya sifat dengki itu memakan kebaikan seperti api memakan kayku bakar”.(HR. Abu Daud)
  1. Perilaku suka mencari-cari kesalahan orang lain
Salah satu sifat perilaku hasad adalah suka mencari-cari kesalahan orang lain. Bagi orang yang memiliki sifat hasad, kesalahan orang lain sekecil apapun akan tampak jelas di matanya, namun kesalahan sendiri sebesar apapun  tidak akan pernah di akuinya. Kegemaran mencari-cari kesalahan orang lain dengan maksud untuk menjatuhkan orang tersebut, adalah sifat yang sangat buruk dan keji, biadab, dan tidak manusiawi. Jika binatang masih memiliki naluri kasih sayang terhadap sesamanya, orang yang hasad sama sekali jauh dari sifat kaish sayang, bahkan lebih kejam dari binatang buas.
  1. Melempar kesalahan kepada orang lain( berburuk sangka)
Perilaku hasad selalu mendorong orang untuk berburuk sangka dan melempar kesalahan kepada orang lain. Peribahasa mengatakan ”Lempar batu sembunyi tangan”. Perilaku demikian itu sangat kejam dan tidak berprikemanusiaan, sebab dapat mengorbankan orang yang tidak bersalah dan berdosa. Perbuatan ini lebih hina dari pada perbuatan binatang sekalipun, dna lebih menjijikan. Apalagi selain menuduh dan berburuk sangka juga menggunjing dan membicarakan kelemahan orang lain.  
3. Menghindari Perilaku Hasad dalam Kehidupan Sehari-hari
Untuk menghindari perilaku hasad, dapat kita lakukan beberapa hal berikut:
a.Tanamkan keimanan yang kuat di dalam hati, agar tidak mudah tergoda bujuk rayu syetan yang mendorong berbuat hasad.
b.Tanamkan keyakinan dalam hati bahwa perbuatan hasad selain merupakan perbuatan yang keji, biadab dan merugikan orang lain.
c.Tanamkan keykinan bahwa perilaku hasad tidak akan mendatangkan keuntungan sedikitpun
d. Tanamkan sikap kebersamaan dan kekeluargaan kepada siapapun sehingga kita merasa bangga dengan melihat sudara kita senang

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons