Selasa, 20 Desember 2011

Keanekaragaman Hayati

KEANEKARAGAMAN HAYATI



I.Definisi Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keanekaragaman bentuk kehidupan di bumi, interaksi di antara berbagai makhluk hidup, serta antara makhluk hidup dan lingkungannya.


II.Tingkat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Tingkat Gen
Gen adalah faktor pembawa sifat yang dimiliki oleh setiap organisme serta dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Jadi, sifat suatu makhluk hidup / individu ditentukan oleh gen.
Perbedaan gen antarindividu dalam spesies akan menimbulkan keanekaragaman individu. Keanekaragaman individu menimbulkan terbentuknya varietas. Misalnya, terdapatnya berbagai macam varietas mangga. Jadi, keanekaragaman tingkat gen dapat diartikan sebagai keanekaragaman yang terjadi pada satu kelompok spesies.

Keanekaragaman Tingkat Spesies
Saat ini di dunia terdapat jutaan spesies, mulai dari berbagai macam jenis tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Setiap spesies memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan spesies lain. Misalnya dari satu keluarga kucing saja (famili felidae), kita akan menemukan spesies yang berbeda, seperti kucing, harimau, cheetah, dan singa. Jadi, keanekaragaman tingkat spesies adalah keanekaragaman berbagai jenis makhluk hidup.

Keanekaragaman Tingkat Ekosistem
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekosistem banyak jenisnya, di antaranya adalah ekosistem hutan hujan tropis, padang rumput, gurun, kutub, laut, kolam, dan sawah.
Setiap ekosistem memiliki lingkungan fisik, kimiawi, dan biologis yang berbeda dengan ekosistem lainnya. Lingkungan yang berbeda tersebut menyebabkan beragamnya jenis makhluk hidup yang menempatinya. Beranekaragamnya kondisi lingkungan fisik dan makhluk hidup yang menempatinya menyebabkan menyebabkan terbentuknya keanekaragaman ekosistem.


III.Nilai Keanekaragaman Hayati

Nilai Eksistensi
Nilai eksistensi merupakan nilai yang dimiliki oleh keanekaragaman hayati karena keberadaannya.
Nilai Jasa Lingkungan
Nilai jasa lingkungan yang dimiliki oleh keanekaragaman hayati adalah dalam bentuk jasa ekologis bagi lingkungan dan kelangsungan hidup manusia.
Nilai Warisan
Nilai warisan adalah nilai yang berkaitan dengan keinginan untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati agar dapat dimanfaatkan oleh generasi mendatang.

Nilai Pilihan
Keanekaragaman hayati menyimpan nilai manfaat yang sekarang masih belum dapat dimanfaatkan oleh manusia. Namun, seiring dengan perubahan permintaan, pola konsumsi dan asupan teknologi, nilai ini menjadi penting pada masa depan.
Nilai Konsumtif
Nilai konsumtif adalah manfaat langsung yang dapat diperoleh dari keanekaragaman hayati.
Nilai Produktif
Nilai produktif adalah nilai pasar yang didapat dari perdagangan keanekaragaman hayati di pasar lokal, nasional, maupun internasional.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons